Juni 28, 2022

ONLINE NEWS

Jurnal Berita Terkini

Aplikasi Dompet Digital Nomor 1 untuk Kirim Uang di Indonesia Menurut YouGov BrandIndex

ONLINENEWS, Jakarta : Siapa aplikasi dompet digital nomor 1 kirim uang di Indonesia menurut YouGov BrandIndex di kuartal pertama tahun 2022?
Apakah OVO, Gopay ataukah DANA?
Pada kuartal pertama tahun 2022, YouGov BrandIndex menyebutkan DANA menjadi dompet digital pilihan masyarakat Indonesia.
Hal ini karena fitur kirim uang yang masih menjadi pilihan utama masyarakat saat menggunakan dompet digital DANA.
Adanya voucher 10 kali kirim uang tanpa pungutan administrasi setiap bulan, membuat DANA makin cepat populer.
Selain itu, kemudahan, kenyamanan, dan keamanan berkirim uang yang dompet digital DANA tawarkan terus mendapat kepercayaan masyarakat.
Imbasnya, fitur kirim uang ikut mengalami pertumbuhan positif, dengan penetrasi mencapai hampir 30 persen di sepanjang periode tersebut.
Chief Product Officer DANA Indonesia, Rangga Wiseno juga mengomentari melonjaknya pertumbuhan fitur kirim uang.
Hal ini, menurutnya, tidak lepas dari meningkatnya adopsi dompet digital dalam dua tahun terakhir.
“Kehadiran dompet digital kini telah bergeser menjadi solusi pemenuhan berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk berkirim uang,” ujarnya.
“Kami percaya kebiasaan masyarakat untuk berkirim uang secara digital akan menjadi langkah awal yang baik agar masyarakat semakin tertarik dengan beragam layanan keuangan digital lainnya,” sambungnya.
Dari total lebih dari 3.600 responden dalam survei tersebut, 31 responde menggemari fitur kirim uang DANA.
Total 31 persen responden tersebut berusia muda khususnya 18 – 24 tahun.
Mereka memanfaatkan untuk mengirimkan uang baik antar sesama pengguna maupun ke rekening bank lain.
Temuan ini selaras dengan survei YouGov bahwa pengguna dompet digital saat ini umumnya didominasi oleh masyarakat di usia 18 – 34 tahun.
Merujuk pada hasil survei, keamanan yang ada di DANA kembali menjadi salah satu alasan utama yang ikut mendorong tingginya minat masyarakat dalam menggunakan fitur kirim uang.
“Dalam membangun kepercayaan pengguna, DANA senantiasa mengedepankan keamanan bertransaksi digital pengguna dengan menggunakan sistem keamanan berlapis seperti DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation),” ujar Rangga.
“Memitigasi risiko dengan teknologi Risk Engine, hingga memberikan perlindungan melalui DANA Protection berupa jaminan uang kembali sesuai Syarat dan Ketentuan yang berlaku,” imbuhnya.
Persepsi pengguna untuk memanfaatkan dompet digital DANA untuk kebutuhan lainnya juga tampak meningkat.
Misalnya saja, sebanyak 38 persen responden di usia 18 – 24 tahun mulai mempertimbangkan DANA untuk melakukan isi ulang pulsa.
Menariknya, pertumbuhan signifikan juga terjadi pada pada preferensi penggunaan DANA untuk pembelian berbagai voucher games dan hiburan khususnya untuk masyarakat di usia 18 – 24 tahun.
Sekilas capaian DANA pada survei YouGov BrandIndex di kuartal pertama tahun 2022 ikut merefleksikan kesiapan masyarakat dalam menerima dan menjadikan dompet digital DANA sebagai instrumen baru pembayaran di ekosistem ekonomi digital.
“Kepercayaan masyarakat akan terus kami jaga dan tingkatkan guna menciptakan layanan keuangan digital yang inklusif dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional,” tutup Rangga.

Sumber : selular.id