Juni 28, 2022

ONLINE NEWS

Jurnal Berita Terkini

Mendukung Aktivitas Perekonomian Intra di Maluku Lion Air Resmi Terbang AMBON – LANGGUR – AMBON

ONLINENEWS, T U A L : 15 Juni 2022. Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group mulai Rabu (15/ 06) meresmikan terbang perdana di wilayah Maluku, dilayani dari Ambon – Ibu Kota Provinsi Maluku dengan kota tujuan baru yaitu Langgur, pusat pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara.

Lion Air mengudara dari Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon (AMQ) tujuan Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur (LUV) pergi pulang (PP) untuk melayani penumpang berjadwal dalam negeri (regular flight).

RuteNo. TerbangWaktu BerangkatWaktu TibaGratis
Ambon (AMQ) – Langgur (LUV)JT-88007.4009.00Bagasi 20kg
Langgur (LUV) – Ambon (AMQ)JT-88109.4011.00Bagasi 20kg

Keterangan: format waktu menggunakan Waktu Indonesia Timur (GMT+ 09)

Penyambutan terbang perdana dilakukan oleh Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun; Walikota Tual, Adam Rahayaan; Ketua DPRD Maluku Tenggara, Machduri  Koedoeboen; Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Borut; Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tenggara, Jhon Hukubun; Kepala Dinas Perhubungan Kota Tual, Usman Borut; Kepala Bandar Udara Karel Sadsuitubun, Mahdan Izohar; jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah Kabupaten Maluku Tenggara; Perwakilan Manajemen Lion Air, Safety Security Quality, Capt. Rachmat Diansyah Putra; Area Manager Lion Air Maluku, Ramli Makawimbang dan Station Manager Lion Air Langgur, Mozes Rumangun.

Rute baru nantinya dapat menyokong percepatan dan pemulihan ekonomi di Kabupaten Maluku Tenggara dan Provinsi Maluku. Wilayah Langgur, Kota Tual ke wilayah Kecamatan Kei Kecil merupakan pusat pertumbuhan ekonomi baru.


Rute baru diharapkan salah satu bentuk kontribusi dalam pengembangan Maluku Tenggara dalam menciptakan dan meningkatkan kesempatan berusaha dengan bekerjasama pihak-pihak lain guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan pemanfaatan sektor-sektor basis antara lain pariwisata, perdagangan, pendidikan, UMKM, pengembangan komoditas unggulan kelapa, peningkatan ekonomi regional berbasis perikanan yaitu produksi perikanan tangkap, budidaya rumput laut dan lainnya.

Layanan terbaru Lion Air berikutnya ini akan mendukung dalam mempermudah aksesibilitas atau pergerakan masyarakat, wisatawan dan pebisnis serta logistik sehingga jarak lebih pendek, waktu tempuh semakin cepat dan aman untuk jaringan:

Intra-Maluku

Penerbangan saling terhubung antardaerah dari setingkat kabupaten ke ibu kota provinsi mencakup Ambon, Langgur (Kabupaten Maluku Tenggara); Dobo, kecamatan dan ibukota Kabupaten Kepulauan Aru melalui Bandar Udara Rar Gwamar (DOB); Saumlaki, ibukota Kabupaten Kepualauan Tanimbar, Maluku Barat Daya melalui Bandar Udara Mathilda Batlayeri (SXK) dan Namlea, kecamatan dan ibukota Kabupaten Buru melalui Bandar Udara Namlea (NAM).

Terkoneksi ke berbagai kota tujuan lain

Melalui Bandar Udara Internasional Pattimura, Lion Air mempermudah dengan menghubungkan (connecting flight) dari dan menuju kota tujuan, antara lain: Ternate, Maluku Utara; Manado, Sulawesi Utara; Sorong, Manokwari, Timika di Papua Barat; Jayapura, Merauke di Papua; Makassar, Tana Toraja, Selayar, Palopo di Sulawesi Selatan; Kendari, Wakatobi di Sulawesi Tenggara; Palu, Luwuk, Morowali, Poso di Sulawesi Tengah, Gorontalo; Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo; Bali, Lombok; Labuan Bajo, Maumere, Kupang, Waingapu di Nusa Tenggara Timur; Balikpapan, Berau di Kalimantan Timur; Banjarmasin, Kotabaru di Kalimantan Selatan serta destinasi lain.

Hiburan Gratis dan Pesawat Modern

Lion Air mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-800 Nest Generation dengan kapasitas 189 kursi kelas ekonomi. Dalam meningkatkan pengalaman bahwa terbang itu menyenangkan, seluruh penumpang dapat menikmatinya secara “gratis” tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan (extra). Hiburan ini terkoneksi melalui wireless inflight entertainment (W-IFE) dari AirFi yang diakses dari semua ponsel pintar (smartphone), tablet.

Penumpang akan dimanjakan melalui konten-konten yang sudah tersedia seperti beragam film, bermain games, membaca majalah dan masih banyak lagi. Paling menarik adalah menonton film secara gratis dari genre seperti Indonesia, Hollywood dan jenis film Korea.

Hiburan dengan perangkat gadget/ device masing-masing penumpang dilakukan oleh Lion Air sebagai salah satu bentuk upaya agar penumpang dapat menikmati hiburan yang disajikan dengan nyaman dan aman.

Seluruh armada Lion Air dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Lion Air mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, pengelola Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon – Angkasa Pura I, pengelola Bandar Udara Karel Sadsuitubun – UPBU, pengatur lalu lintas udara – AirNav Indonesia, pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik, mempermudah dan memperlancar penerbangan bagi masyarakat, pebisnis dan wisatawan yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan protokol kesehatan ketat.

Sumber : Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro.