Juni 30, 2022

ONLINE NEWS

Jurnal Berita Terkini

Forum Konsultasi Bilateral ke-3 Indonesia-Lithuania Sepakati Komitmen Peningkatan Kerja Sama Bilateral Indonesia-Lithuania

ONLINENEWS. Jakarta, – Forum Konsultasi Bilateral/FKB ke-3 RI-Lithuania telah diselenggarakan di Jakarta (10/6) dengan hasil kesepakatan kedua negara meningkatkan kerja sama ekonomi, investasi dan perdagangan, upaya peningkatan kerjasama sosial dan budaya, khususnya kerja sama antar perguruan tinggi, saling dukung pada organisasi internasional dan rencana kunjungan Menteri Luar Negeri Lithuania, Y.M. Gabrielius Landsbergis, ke Indonesia pada awal tahun 2023 yang menandai 30 tahun hubungan bilateral RI-Lithuania.

FKB ke-3 RI-Lithuania juga mencatat harapan besar atas penyelesaian perundingan perjanjian Indonesia – European Union CEPA yang telah menyelesaikan putaran perundingan ke-11 pada 15 November 2021 secara virtual. Indonesia menghargai dukungan Lithuania bagi upaya penyelesaian perundingan dan juga dukungan Lithuania atas keberterimaan produk minyak nabati Indonesia di Eropa. Selain itu, dibahas juga terkait pembukaan kantor Kedubes Lithuania di Singapura.

Delegasi RI diketuai oleh Direktur Eropa II Kemlu RI, Winardi H. Lucky dan didampingi oleh Direktur Kerja Sama Intra dan antar Kawasan Amerop Kemlu RI, Nidya Kartikasari dan Koordinator Politik KBRI Kopenhagen (merangkap Lithuania) yang turut hadir dalam pertemuan secara virtual. Sementara Delegasi Lithuania diketuai oleh Direktur Latin Amerika, Afrika, Asia dan Pasifik, Y.M. Duta Besar Audrius Bruzga dan didampingi oleh Charge d’Affaires Kedubes Lithuania di Singapura, Jurate Ramoskiene.

“Pertemuan FKB sangat tepat untuk membahas tidak hanya kerja sama kedua negara, tetapi juga berbagai isu lain seperti hubungan ASEAN-EU, Keketuaan G20 oleh Indonesia, perkembangan kawasan Indo-Pasifik dan situasi keamanan di Eropa terkini“ ungkap Winardi H. Lucky. “Dalam kesempatan pertemuan, pihak Lithuania menawarkan pula bantuan vaksin Covid-19 (Pfizer) sebanyak 1,6 juta dosis.“

Sebelum pelaksanaan FKB, dalam kesempatan kunjungan kehormatan Delegasi Lithuania kepada Plt. Dirjen Amerop, mengemuka pembicaraan mengenai situasi ekonomi kedua negara, khususnya paska pandemi Covid-19, hubungan bilateral Indonesia-Lithuania dan perkembangan kerja sama pada tingkat regional dan internasional.

Dalam interaksi bilateralnya selama hampir tiga dekade ini, hubungan bilateral telah berjalan dengan baik dan produktif. Disamping pertukaran kunjungan dan pertemuan pada tingkat pejabat tinggi, kegiatan perdagangan juga terus berlangsung dengan ekspor Indonesia ke Lithuania dewasa ini terutama suku cadang kendaraan bermotor dan pakaian jadi, sementara mengimpor terutama pupuk dari Lithuania. Saat ini terdapat satu investasi usaha Lithuania di bidang jasa pemeliharaan pesawat di Indonesia. Selain itu, terdapat pula minat yang cukup tinggi di kalangan muda Lithuania untuk mengikuti program pertukaran seni dan budaya di Indonesia, di samping berbagai program kerja sama antara berbagai perguruan tinggi kedua negara.

Sumber : kemlu.go.id