Mei 22, 2022

ONLINE NEWS

Jurnal Berita Terkini

PTK & Pelindo Jalin Sinergi Perkuat Layanan Jasa Marine Nasional

ONLINENEWS, Jakarta : PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) yang merupakan Subholding Integrated Marine and Logistics (IML) Pertamina, telah melaksanakan sinergi dengan PT Pelindo Jasa Maritim (PJM).

Komitmen sinergi ini berupa penandatanganan Nota Kesepahaman tentang sinergitas dan integrasi dalam optimalisasi kerja sama pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal, pemeliharaan dan penyediaan peralatan pelabuhan, yang dilaksanakan di Kantor Pusat PTK, Senin, 21 Maret 2022. 

Nota Kesepahaman atau Memorandum of understanding (MoU) ditandatangani oleh Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan dan Direktur Utama PT PJM, Prasetyadi. Penandatanganan MOU ini dihadiri juga oleh Direksi PT PJM yaitu Direktur Keuangan & Manajemen Resiko, Choirul Anwar beserta manajemen, jajaran Direksi PTK meliputi Direktur Pemasaran, Imam Bustomi; Direktur Operasi, Hadi Purnomo, dan Direktur Keuangan dan SDM, Afan Aftory, beserta Tim Manajemen PTK Group.

“Melalui kolaborasi PJM dan PTK, dipastikan bisnis akan menjadi lebih optimal bagi kedua perusahaan. Meskipun memulai dengan langkah kecil, dengan adanya sinergi PTK dan PJM diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi negara sesuai dengan peran perusahaan,” ungkap Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan.

Pada kesempatan ini, Nepos juga mengatakan bahwa kata kunci dari kerja sama ini adalah optimalisasi. Optimalisasi sinergi dari kekuatan yang dimiliki kedua Perusahaan harus memberikan kebaikan bagi kedua belah pihak, baik PT PTK dan PT PJM. Cukup banyaknya Intersection bisnis PTK dan PJM membuat kedua perusahaan beritikad untuk bekerja sama untuk menguatkan dan memperluas market. Penandatanganan MoU ini merupakan ceremony awal kerja sama ke depan. Dan sesuai dengan strategi jangka panjang PTK yaitu HOIST, yang salah satunya yaitu meningkatkan sinergi dengan entitas bisnis BUMN, PTK mengupayakan kerja cepat dan akurat yang bertujuan mendapatkan impact bisnis yang konkret.

“Kerja sama antara PT PTK dan PT PJM ini sangat potensial, melalui sinergi dari kedua perusahaan ini bisa saja menghandle pelabuhan yang ada di seluruh Indonesia. Semoga tim gabungan dari PTK dan PJM bisa menuntaskan model bisnis yang tepat sehingga bisa segera diimplementasikan di lapangan,” jelas Prasetyadi, Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim.

Sinergi PTK dan PJM akan semakin memastikan efisiensi operasional kegiatan jasa maritim di lingkungan Migas, khususnya seputar kegiatan layanan jasa pemanduan dan penundaan, serta pemeliharaan dan penyediaan peralatan Pelabuhan. Dalam hal ini, kedua pihak sepakat untuk melaksanakan sinergi usaha dengan prinsip yang saling menguntungkan, efisien, efektif, dan profesional.

Sumber : pertamina.com