Mei 22, 2022

ONLINE NEWS

Jurnal Berita Terkini

Puan, VAKSINASI Menjadi Tanggung Jawab Semua Pihak

ON SULUT. Dalam kunjungannya ke Sulawesi Utara, Ketua DPR RI Puan Maharani yang didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey melakukan peninjauan Vaksinasi Anak dan Booster di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Rabu (9/2/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Puan Maharani mengatakan bahwa upaya pemerintah dalam menggenjot pelaksanaan vaksinasi, baik vaksinasi dosis pertama, dosis kedua bahkan vaksinasi booster, menjadi tanggungjawab semua kepala daerah di seluruh Indonesia guna melindungi masyarakat dari serangan pandemi Covid-19, khususnya varian Omicron yang angka pertumbuhannya meningkat akhir-akhir ini.

Tak hanya pemerintah daerah, menurut Puan tanggungjawab terkait capaian vaksinasi juga harus menjadi kesadaran seluruh elemen bangsa. Itu artinya, kerjasama dari semua pihak, mulai dari unsur pemerintah hingga masyarakat sangat dibutuhkan dalam menghadapi pandemi yang masih ada hingga saat ini.

“Saya lihat disini vaksin Covid-19 sudah diberikan kepada anak-anak kecil usia sekolah. Jadi memang kita harus mendukung program vaksinasi pemerintah, baik dosis yang pertama, kedua maupun booster,” ujar Puan Maharani.

Puan menjelaskan, dukungan semua pihak atas suksesnya program vaksinasi sangat dibutuhkan utamanya dalam mengantisipasi varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia.

“Ini harus menjadi perhatian kita bersama, harus diantisipasi. Dari laporan yang ada, minggu kedua dan ketiga bulan Februari, akan terjadi lonjakan varian Omicron. Olehnya itu vaksinasi ini sangat penting untuk dilaksanakan oleh segenap elemen bangsa,” bebernya.

“Divaksin bukan berarti tidak akan terkena. Namun dengan divaksin, resikonya menjadi ringan. Kita harus ingat, ini buat kita, buat keluarga kita dan buat lingkungan kita,” tambahnya.

Terakhir, Puan mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga penerapan protokol kesehatan. Karena menurutnya, prokes merupakan hal utama selain vaksinasi yang harus dilakukan secara bersama-sama dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Mari kita terus jalankan prokes, jangan sampai kendor. Ini sudah tahun ketiga pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk itu kita harus bisa berdamai dan menyesuaikan diri dalam tatanan kehidupan baru, dengan menjaga prokes,” tandasnya.

Dalam melakukan peninjauan, Puan Maharani dengan didampingi Gubernur Olly juga membagikan souvenir kepada para peserta vaksinasi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah Pejabat Tinggi Pratama lingkup Pemprov Sulut, Gugus Tugas Covid-19, serta para stakeholder terkait.(jansen)