Mei 22, 2022

ONLINE NEWS

Jurnal Berita Terkini

DONNI, DORONG EKSPORT DIVERSIFIKASI PRODUK KOPRA SULUT

ON SULUT. Mengikuti trend harga global dipenghujung tahun 2021 lalu, harga kopra sempat menyentuh Rp. 14.000,-/Kg. Hal ini membawa kegembiraan petani kopra di Sulawesi Utara dengan meningkatnya harga beli ditingkat petani.

Meski demikian,permintaan eksport kopra tidak pernah sepi. Untuk memenuhi tingginya permintaan Kopra, selain di Sulut, kopra banyak didatangkan dari berbagai daerah di kepulauan Maluku Utara, Gorontalao hingga Sulawesi Tengah.

Kopra yang dilalulintaskan yang umumnya lewat laut, wajib disertai fikasi oleh petugas Karantina Manado Wilayah Kerja Bitung, sebelum dikeluarkan Sertifikat Pelepasan Karantina Tumbuhan (KT-9). sertifikat tersebut meliputi tujuan dan, kwalitas komoditas yang masuk dipastika aman dari hama penyakit yang mengancam kwalitas produk dan keamanan hayati di Sulut.

Kepala Karantina Pertanian Manado, drh. Donni Muksyadayan, menghimbau agar Sulawesi Utara dapat meningkatkan eksport peroduk turunan dari kopra. Hal ini untuk meningkatkan perekonomian daerah ini melalui eksport komoditas pertanian.

Eksport Minyak Kelapa Mentah, Minyak Kelapa, dan Bungkil Kelapa asal Sulut sepanjang tahun 2021, mencapai Rp. 4 Triliun. Tiga komoditas tersebut masuk dalam komoditas eksport dengan nilai ekonomi tertinggi berdasarkan rilis data sistem perkarantinaan milik Kementan melalui Karantina Pertanian Manado, IQFAST.

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian, Bambang, katakan saat ini pihaknya tengah menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak agar kawasan pertanian yang berpotensi eksport dapat memiliki sarana transportasi berupa Direct Shipment atau Direct Call.

Hal tersebut tentu sejalan dengan. kebijakan Menteri Pertanian ( Syahrul Yasin Limpo), yang mendorong peningkatan daya saing produk pertanian di pasar global.(jansen).